,,#03 Singapore Trip | Chijmes & Asian Civilization Museum,,

This is my last post about our Singapore Trip, as promised

—– Day 05 —–

Hari ini kami planning untuk meet up dengan dua teman. Sebelumnya, kami pindah hotel ke Fairmont Singapore yang lokasinya tidak begitu jauh dari Strand hotel. Setelah check in kami bertemu dengan ko Handoko Bagaskara yang kebetulan juga lagi trip sehari di Singapore.

Kami sempat ngobrol-ngobrol di kamar hotel sambil menunggu waktu lunch. Saat Zoey sudah minta “pasta, pasta” kami pun pergi ke Chijmes untuk makan siang.

IMG20180127111518

IMG20180127140615

Chijmes ini adalah salah satu bangunan sejarah di Singapore. Dulunya tempat para biarawati yang tinggal sambil mengasuh anak-anak yang ditinggalkan oleh keluarga mereka. Dalam kawasan nya sendiri sekarang terdapat beberapa resto dan sebuah taman (rumputnya sintesis) yang lengkap dengan beanbag warna warni. Jadi cocok banget untuk quality time bareng keluarga di sini.

IMG20180127124708IMG20180127130415

Karena Zoey ingin makan pasta, maka kami pilih lunch di Prive hari itu. Obrolan pun berlanjut sambil menikmati makanan yang tersedia. Setelah makan hampir setengah porsi pastanya, Zoey sudah minta turun untuk jalan-jalan di taman nya. Ko Bagas juga cabut duluan karena ada janji yang lain. Sukses selalu ya ko, dan semoga kuliahnya selesai tepat waktu, hahaa.

Oya, chapel Chijmes ini sekarang sepertinya jadi gedung serbaguna. Kita sempat mengintip persiapan wedding di sana, cakep juga buat holy matrimony.

IMG20180127140706

IMG20180127140642IMG20180127140900IMG20180127141020

Selesai menikmati Chijmes kami kembali ke hotel untuk istirahat. Zoey bahkan tidur nyenyak dan lamaa, antara kecapean atau cocok sama kasur Fairmont nya, ha!

IMG20180127173743

Malam harinya kami bertemu dengan Mba Rahma, temen Yosua yang sama-sama shortcourse ke Belanda dulu. Kami makan di Kopitiam di Raffles mall, tapi itu juga masih bagian dari Stamford. Porsi nya gede banget, gue aja sampai minta bungkus. Senang mendengar ceritanya Mba Rahma, semoga sukses selalu dan bisa cepat ke Belanda lagi :).

IMG20180127190244

—– Day 06 —–

Hari ini sebenarnya kami pengen ke National Art Museum, tapi karena tiketnya cukup mahal jadi kami pergi ke Asian Civilization Museum.

IMG20180128120250IMG20180128120337IMG20180128121732

Tidak terlalu lama kami di sana (biasanya kami cukup lama di museum) karena Zoey ketiduran. Tapi kami sempat lihat patung-patung Indonesia yang dipajang di sana, dan ternyata itu dipinjam dari Belanda loh, lucu ya. Oya saking senengnya Yosua sama museum dan hal berbau history, dia sampai tahu jenis prasasti atau patung-patung yang dipajang berasal dari negara mana tanpa lihat keterangannya dulu loh, hebat! Kami juga sempat lihat contemporary art berbentuk biji beras. Entah kenapa gue suka ke museum di luar negeri, tempatnya bersih, barang bersejarahnya dirawat dengan sangat baik, bahkan udara nya pun enak. Kalau kata Yosua apa mungkin karena tiket museum di Indo yang kemurahan makanya gak sama, atau gimana, entahlah. Semoga museum di Indo juga semakin baik ke depan nya.

Sore harinya merupakan momen yang sudah ditunggu oleh Zoey. Ya, dia mau berenang! Zoey semangat sekali saat sudah lihat kolam di depan matanya. Ditemani Yosua, Zoey yang pertama kali masuk ke kolam renang langsung cengar cengir. Senang sekali dia jalan kesana sini di kolam sambil ciprat-ciprat air.

IMG20180128163122IMG20180128163152IMG20180128163302

Hampir setengah jam Zoey berenang saat tiba-tiba hujan turun dengan derasnya. Kami pun berlarian masuk kembali ke hotel lalu ke kamar. Zoey yang merasa belum puas teriak-teriak sebagai aksi protes. Cukup lama dia ngamuk sampai akhirnya tenang lagi saat melihat hujan masih deras dari balkon. Nanti Zoey berenang lagi sama papa ya!

Malamnya kami makan di Sushi Tei Raffles City. Di sini porsi sushinya lebih generous dengan harga yang lebih mahal. Tapi kalau dilihat variasi sushi fusion nya lebih banyak yang di Jakarta.

Selesai makan kami sempat jalan sebentar di mallnya lalu kembali ke hotel.

—– Day 07 —–

This is our last day in Singapore!

Selesai check out kami langsung ke Changi. Sempat makan es krim di Swensen sebelum pergi ke Terminal 4 Changi.

IMG20180129152621

Sampai di T4, memang bandaranya bagus, semua serba otomatis dan interiornya juga cantik. Kami sempat jalan-jalan di bandara sambil menunggu flight. Pesawat kami delay lagi saat itu, untungnya Zoey gak rewel. Dengan anteng dia duduk di stroller bandara sambil main-main dan makan, bahkan gak minta gedong atau turun loh!

Setelah delayed kira-kira 1.5 jam akhirnya kami boarding. Zoey lagi-lagi tidur sepanjang perjalanan dan baru bangun saat sudah landing di Jakarta, yeay!

Sampai nya kami di Jakarta menandakan liburan kami telah usai. Overall, gue happy banget liburan kali ini. Walaupun capek dan lepek banget, momen-momen lelah tergantikan dengan kebahagiaan dan kepuasan bisa quality time bertiga. Senang sekali lihat Zoey yang excited belajar hal-hal baru. Dan yang biasanya gue pasti ada aja sakit sehari, thank God sampai pulang kami bertiga sehat. Gue sangat bersyukur bisa menikmati berkat Tuhan dalam trip kali ini bersama Yosua dan Zoey. I love you both so very much!

Thanks for the sweet memories Singapore, till we see you again!

Read more ,,#02 Singapore Trip | SEA Aquarium, Madame Tussaud, Orchard Road & Singapore Flyer,,

Cheers,

Cindhy & The Kristianto

Advertisements

,,#02 Singapore Trip | SEA Aquarium, Madame Tussaud, Orchard Road & Singapore Flyer,,

—– Day 03 —–

Hari ketiga di Singapore agenda kami masih cukup ambisius, mumpung masih kuat jalan kali ini kami meng-explore Sentosa Island. Mengingat Zoey yang masih terlalu kecil untuk mencoba berbagai permainan di Universal Studio, daripada rugi kami memilih untuk pergi ke S.E.A Aquarium.

Pada dasarnya Zoey memang suka binatang (tentu ini turunan bapaknya), dia semangat sekali waktu tahu kalau hari itu dia akan lihat shark dan ikan nemo. Dari bangun pagi dia udah ngomong “shark, mommy shark, grandma shark”, habis mandi dia ngomong lagi “nemo, nemo, ikan”. Meski kami bangun telat (planningnya jam 7.30 kenyataannya jam 8.20) karena Zoey udah semangat banget tentu sangat mudah untuk mengajaknya bergegas pagi itu.

IMG20180125105050

Ada yang bilang lebih baik naik uber kalau mau kesana apalagi jika bawa anak-anak. Tapi akhirnya kami memilih naik bis lalu monorail, ternyata perjalanan nya tidak sejauh yang gue bayangkan, Zoey juga sangat koperatif, so all is good.

IMG20180125112147IMG20180125112126

Begitu masuk pas banget yang pertama kali dilihat adalah shark. Zoey pun berdiri tepat depan aquarium, tunjuk-tunjuk sharknya sambil teriak kegirangan. Senang sekali melihat ekspresi senangnya. Waktu masuk terowongan nya juga Zoey masih teriak “ikan, gede, itu itu, waaa” hahaa.

IMG20180125113148IMG20180125113239IMG20180125113550IMG20180125114201IMG20180125114234

Setelah puas lihat shark, kami juga melihat ikan-ikan dan hewan laut lainnya seperti giant spider crab, giant octopus (sayang octopusnya bobo di sudut aquarium), jellyfish, seahorse yang seperti naga, dolphin dan masih banyak lainnya.

Di sini juga ada Touch Pool, yaitu section dimana para visitor dapat menyentuh langsung creatures nya. Ada starfish dan berbagai macam ikan yang dapat kita pegang di sini. Di sebelah Touch Pool ada aquarium ikan nemo. Nah, ini juga bagian favorit Zoey 🙂

Biggest shownya sepertinya ada di giant aquariumnya. Bahkan di depannya banyak tangga berundak, jadi para visitor bisa menikmati aquarium sambil santai sejenak bahkan bisa sambil makan dan minum di sini.

IMG20180125120758IMG20180125124332

Menurut gue pribadi, creatures di S.E.A Aquarium ini lebih banyak dibandingkan yang pernah gue lihat di Bangkok. It’s a fun place to go di Singapore apalagi bersama anak-anak.

IMG20180125124905IMG20180125125446

Dari sana kami menuju Chili’s untuk lunch yang lokasinya masih di kawasan itu juga. Makanan nya enak dan porsinya gede-gede (porsi kid’s mealnya juga gede), bisa buat sharing. Kenyang banget makan di sini, perut yang tadinya keroncongan sampe minta ampun jangan diisi lagi, hahaa.

IMG20180125132449IMG20180125132010IMG20180125132552IMG20180125132238IMG20180125132240IMG20180125132605

After lunch kami sempat foto-foto sebentar dekat Universal Studio, patung Merlion (seperti janji kami ke Zoey), lalu kami lanjut lagi ke Madame Tussaud.

IMG20180125125909IMG20180125130116IMG20180125130217

IMG20180125130247

Ada semacam Singapore Mini Boat Tour gitu sebelum kita masuk ke patung-patung dan foto-foto di sana. Zoey malah ketiduran di sini, jadi gue foto-fotoin Yosua aja. Sama seperti Madame Tussaud lainnya, patungnya dikelompokan dari pejabat-pejabat negara, atlet, artis, dan orang terkenal lainnya. Kalau mau kita juga bisa buat handwax sendiri dan menikmati suguhan balapan virtual tentu dengan extra charge.

Pulangnya kami sempat mampir sebentar ke China Town. Tidak berlama-lama karena saat itu ramai sekali dan langit sudah gelap, Yosua cuma beli set potong kuku doank setelah itu kami memilih untuk segera kembali ke hotel agar tidak kehujanan, bahkan Zoey akhirnya kami pesenin makan di hotel saja.

IMG20180125173126IMG20180125174454

—– Day 04 —–

Hari ini kami bangun lebih telat lagi, hampir jam 9! Tapi karena planning hari ini tidak se-ambisius dua hari sebelumnya, maka kami lebih santai waktu lihat di luar sudah terang benderang, hahaa.

Dari hotel kami pergi ke daerah Orchard lalu menyusuri Orchard Road dan makan es krim di sana. Seperti biasa kalau lihat tempat luas apalagi banyak tangga nya, Zoey pasti kegirangan. Lari sana sini sambil kejar burung-burung lalu naik turun tangga.

IMG20180126122002IMG20180126122801IMG20180126122840IMG20180126125318

Orchard Road memang menjadi salah satu daya tarik di Singapore. Bayangin aja jalan sepanjang itu kiri kanan nya mall semua, plus ada tempat khusus bagi pejalan kaki yang cukup lebar. Sepertinya kalau benar-benar dimasukin satu persatu mallnya, bisa 3 hari mungkin baru kelar.

Untuk makan siang kami pilih makan di Ippudo karena memang ramen salah satu makanan favorit kami. Waktu makan di sini Zoey cukup heboh. Ya, memang Zoey lagi suka-suka nya makan sendiri. Dia senang sekali jika berhasil menyuapi dirinya sendiri dengan sendok. Nah yang bikin heboh dia kekeuh mau suap sendiri pakai sumpit. Karena masih sulit, biasanya dia ambil sendiri mie nya pakai tangan lalu ditaruh di atas sumpit baru dia makan. Atau kalau dia udah gak sabar langsung pakai cara lama, dari tangan langsung suap ke mulut. Alhasil mie nya berhamburan, berantakan kemana-mana.

Yang bikin merasa bersalah, salah satu pelayan nya bapak-bapak hampir seumuran bokap gue datang pungutin mie yang berhamburan di lantai lalu bersihin pakai lap. Dengan muka bersalah gue langsung ngomong “oh, I’m so sorry”. Lalu si bapak sambil senyum ngomong “It’s fine, don’t be sorry. I also have kids, I know many times learning is messy”. Wah jawaban si bapak sejuk dan adem banget, pengen gue peluk si bapak. Gue yang tadinya overwhelmed jadi lebih tenang dan siap nemenin Zoey main dan ‘get messy’ lagi, thank you ya pak!

Dari Orchard kami memutuskan untuk balik dulu ke hotel, lagi-lagi karena hujan. Baru setelah reda kami keluar makan di Din Tai Fung dekat hotel (xia long bao nya enak!), lalu ke Singapore Flyer. Sayang banget saat itu Singapore Flyer tidak beroperasi bahkan sampai beberapa hari ke depan. Padahal kami sudah ngomong ke Zoey akan naik kincir yang gede. Untungnya Zoey sangat legowo meskipun gagal naik Singapore Flyer.

IMG20180126192945IMG20180126193441

Hari-hari memang seperti itu ya, walau udah diplanning sebaik mungkin kadang ada aja gagalnya. Tapi seperti Zoey, kita bisa menerima fakta yang ada, legowo dan memilih untuk tetap ceria. Itu!

Sampai bertemu di postingan terakhir tentang Singapore trip kami yaa…

Read more ,,#01 Singapore Trip | Garden by the Bay, Artscience Museum & Merlion,,

Cheers,

Cindhy & The Kristianto

 

 

 

 

,,#01 Singapore Trip | Garden by the Bay, Artscience Museum & Merlion,,

Hello January!

Blog di tahun ini dimulai dengan cerita kami bertiga yang liburan ke Singapore. Ini bukan kali pertama buat gue (entah kenapa gue belum pernah ngeblog tentang Singapore) ataupun Yosua, tapi trip ke Singapore kali ini adalah yang pertama buat Zoey, yeay! Seperti yang udah dibilang Yosua di blognya kalau bulan depan dia bakal ke Sydney untuk program master nya, jadi sebelum Yosua dan Zoey LDR-an mending dipuas-puasin dulu momen kebersamaannya :).

—– Day 01 —–

Kami sengaja ambil flight siang dari Jakarta biar gak terlalu rush di pagi hari. Jadi gue punya waktu lebih untuk sarapan, buatin sarapan Zoey, beres-beres apartemen sebelum ditinggal seminggu, dan Zoey pun bisa bangun sesuai jam paginya, santai sebentar lalu mandi dan menuju bandara.

20180123_092345

Tiba di Terminal 3 Soetta bandara sudah mulai ramai. Pesawat kami sempat delayed beberapa lama. Kami pun akhirnya beli roti-roti untuk killing time. Mungkin karena energi Zoey sudah cukup terkuras saat main-main di bandara ditambah perutnya yang kenyang karena baru saja makan roti keju favoritnya, akhirnya dia tertidur sepanjang perjalanan dan baru bangun saat sudah sampai di Singapore, great!

20180123_093903

IMG20180123103124

Sampai di Changi, kami duduk-duduk dulu sambil Zoey makan karena tadi dia tidur lelap. Yosua pun membeli EZ link card untuk modal transportasi kami di Singapore. Perlu diakui transportasi Singapore lebih bagus dari Jakarta. Bahkan kami lebih sering naik bis di sana karena Zoey lebih suka bis daripada MRT. Alasan nya karena dia bisa mimik (sebutan Zoey untuk menyusui) dan bisa nyanyi lagu The Wheels on the Bus sambil berada dalam bis beneran, hahaa sederhana sekali ya.

IMG20180123161506

IMG20180123170632

Saat itu sedang hujan, untung stasiun MRT nya berada di depan hotel kami (Strand Hotel) jadi tidak sampai kebasahan. Kami sempat mandi-mandi dan santai sebelum keluar untuk cari makan malam.

Hujan reda, kami pun pergi ke Paragon Mall di daerah Orchard. Yosua memang ingin beli tas backpack yang sudah lama dia idam-idamkan di sini. Bahkan tujuan membeli tas ini adalah salah satu faktor kenapa kami ke Singapore. Tas nya memang bagus, di design untuk menghindari pickpocket, compartmen di dalamnya juga cukup banyak, bisa buat bawa laptop, dan anti air juga (cuma kalo hujan nya gede banget juga bisa basah sih). Gue senang Yosua bisa beli barang yang bagus untuk dirinya sendiri.

IMG20180123190916

IMG20180123191128

IMG20180123194726

Setelah happy mendapat tas impian nya, kami cari makan di situ juga. Tidak terlalu banyak pilihan yang ada, kami akhirnya makan di Gyoza-ya lalu pulang dan istirahat.

—– Day 02 —–

IMG20180124110637

IMG20180124110654

Hari ini agenda kami ke Garden by the Bay untuk ajak Zoey lihat bunga-bunga dan waterfall di Cloud Forest nya. Jenis-jenis bunga yang ada di sini beragam, cantik-cantik dan dikelompokan secara geografis. Zoey yang memang suka bunga terlihat senang melihat bunga warna warni. Sambil tunjuk-tunjuk dia ngomong “ungu” tunjuk lagi “kuning”. Tempatnya yang adem dan luas juga membuat Zoey nyaman explore lari kesana sini. Berbeda waktu gue dulu ke Singapore Botanic Garden bareng teman-teman yang tempatnya outdoor, jadi kebayang kan panasnya. Boleh gue bilang Garden by the Bay tempat yang lebih nyaman untuk bawa anak-anak :).

IMG20180124110835

IMG20180124112019IMG20180124112554IMG20180124113552

IMG20180124113520IMG20180124113809

IMG20180124114125
Zoey dan Tas Impian Papa

IMG20180124114244

Kami juga explore Cloud Forestnya, begitu masuk Zoey langsung teriak “mancur, mancur”. Maksudnya waterfall nya itu dia bilang air mancur, hahaa. Zoey senang sekali melihat waterfallnya, bahkan jika kita berdiri cukup dekat kita bisa kena cipratan airnya yang sejuk.

IMG20180124115627

IMG20180124115403

Seperti namanya, di sini lebih banyak pohon dan tumbuhan hijau. Oya di satu section ada bunga-bunga yang dibentuk dari lego loh, suka banget! Kita juga bisa ke atas dan menyusuri Cloud Forest dari jembatan di sana.

IMG20180124120903

IMG20180124121022

Selesai jalan dan Zoey naik turun tangga di sana, kami bergegas cari makan siang karena mulai kelaparan. Di sana ada beberapa tempat makan. Awalnya kami mau ke McD sekaligus mau makan es krim, sayang tempatnya penuh banget. Jadilah kami melipir ke Bakerzin, walaupun harus menunggu antrian beberapa saat tapi kami mendapat tempat yang nyaman. Makanan yang kami pesan pun enak-enak, Zoey menikmati makan di sini.

IMG20180124130304IMG20180124130341IMG20180124130218

IMG20180124134320IMG20180124134821IMG20180124135153

Selesai makan kami jalan ke Artscience Museum. Di sini kami masuk ke exhibition yang Journey to Future World. Pertama kali masuk kita akan dibawa ke sebuah ruangan untuk menikmati suguhan “Chasing Crows”. Mata kita dimanjakan dengan visual yang ciamik. Gue baru sadar kalau banyak orang memanfaatkan section ini untuk foto-foto, sedangkan gue dan Zoey bener-bener sibuk kejar si burung nya sambil bergaya terbang kesana sini, hahaa.

Keluar dari section itu, kita bisa bebas explore tempat yang lain. Ada satu perosotan yang dasarnya layar LCD gitu. Gue ajak Zoey main di situ, eh dia nagih sampai beberapa kali. Ada juga permainan-permainan di board yang disediakan.

IMG20180124142554

Yang unik itu ada di satu section dimana kita bisa mewarnai gambar yang telah disediakan, scan gambar tersebut, lalu gambar tersebut akan muncul di layar besar sebagai satu kesatuan cerita. Zoey cukup betah duduk coret-coret di situ sedangkan Yosua dan gue heboh cari-cari gambar punya kita di layar gedenya, hahaa. Setelah itu Zoey banyak menghabiskan waktu dengan main tendang-tendang bola neon warna warni sampai gak mau pulang.

IMG20180124143013IMG20180124143048IMG20180124145041IMG20180124145050IMG20180124150024

Berhasil mengajak Zoey keluar dari Artscience, kami sempat mampir ke Marina Mall untuk main sebentar lalu pergi ke Merlion Park. Sampai di Merlion Park Zoey malah ketiduran, jadi Yosua dan gue istirahat duduk sebentar di Toastbox Esplanade Mall sambil minum milo dan ngobrol. Lumayan memanfaatkan waktu saat Zoey bobo.

IMG20180124152826IMG20180124153620IMG20180124153921

Begitu bangun Zoey sudah seger lagi, kami jalan menyusuri jembatan ke patung Merlion. Sayang patung Merlion nya lagi ditutup, padahal kami berdua udah ngomong ke Zoey mau tunjukin lion yang gede. Kami pun foto seadanya dengan Merlion kecil di sana sambil janji ke Zoey besok kita lihat lion gede nya di Sentosa Island aja ya.

IMG20180124164448

Di jalan pulang dari Merlion Park, hujan turun dengan derasnya. Kami memutuskan untuk menunggu hujan reda di stasiun terdekat dari hotel yang ada di SMU. Hampir sejam kami menunggu hujan di sana. Zoey lari-lari kesana sini sambil lihat orang-orang yang lewat. Saat mulai reda kami ambil langkah seribu menuju Food Republic (yang terletak depan hotel kami) untuk makan malam. Setelah kenyang kami pun pulang istirahat di hotel, menyiapkan badan untuk perjalanan di esok hari.

IMG20180124163334IMG20180124163400

Oya satu hal yang kami notice sekarang, Singapore mahal! Harga makanan nya hampir mirip kayak di Paris, hanya transportasinya memang tergolong murah. Kalau mau ke Singapore tapi on budget sepertinya harus selektif memilih tempat wisata untuk main dan tempat makan. Zoey kita nabung buat ke Eropa aja deh, hahaa.

IMG20180124163046

Tunggu cerita kami di Singapore di post selanjutnya ya…

Cheers,

Cindhy & The Kristianto