,,Between Memories and Drama,,

Hello people!

Finally gue bisa post di blog ini. Life been great lately tapi karena sibuk ini-itu (alasan banget!) jadi baru bisa post setelah absen 2 bulan, ckckck. So here’s my story from the past 2 months (it’s a long post btw)…

Christmas & New Year Memories
Bulan Desember bisa jadi bulan favorit banyak orang, ada Natal dan Tahun Baru yang bisa dijadikan momen kumpul keluarga. Bagi Zoey, ini adalah Natal dan Tahun Baru pertamanya. Walaupun dia sendiri sebenarnya belum begitu mengerti, tapi dia cukup senang melihat hiasan Natal yang terpampang dimana-mana. Bahkan waktu kita makan di salah satu resto, Zoey sempat menarik hiasan Natal di dindingnya sampai lepas, hehee.

Untuk Tahun Baru, kali ini kami merayakan nya di Bali. Sebenarnya ini trip yang agak mendadak sih. Hal ini dikarenakan nyokap gue (yang sekarang dipanggil Gema, kependekan dari “Grandma”) berulang tahun yang ke 50 di awal Januari. Nah, gue sama kakak gue bingung mau kasih gift apa, karena barang Gema udah punya banyak. Setelah obrolan yang (sangat) panjang maka kami memutuskan untuk kasih hadiah liburan akhir tahun ke Bali.

Trip tersebut pun menjadi trip pertama buat Zoey. Pertama kalinya naik pesawat dapat flight pagi dengan pesawat Airfast. Kata orang bagus flight pagi, biar anaknya tidur dan gak rewel. It didn’t work! Zoey gak tidur sepanjang perjalanan. Sempet rewel waktu take off, tapi begitu gue nyusuin tenang lagi, sisanya dia main-main di pesawat.

15822704_10209823836164889_4578773075387990248_n

Sampai di Bali ketemu kakak gue beserta keluarga, juga Gema & Gampa. Senang sekali menghabiskan tahun baru dengan liburan keluarga. Terakhir kali liburan keluarga dengan formasi lengkap tahun 2009, udah lama banget!

15781239_10209823799443971_4869407201823289174_n

Ada beberapa momen yang menjadi cerita seru. Paling membekas itu gue sempat sakit sehari telat makan gara-gara nyari Babi Guling Pak Malen yang ternyata gak istimewa juga, ha! Bolak balik 4 kali ke Upside-Down World Bali saking penuhnya, juga menghabiskan waktu berjam-jam di jalan demi nyobain makan di Moonlite Resto, sampai Mas Wawan turun dari mobil untuk nge-cek macet (maap Mas Wawan) dan hampir bayar parkir sebesar 8 juta, iya 8 juta!

Overall gue enjoy liburan kali ini, mungkin nanti gue akan post tentang liburan tersebut lebih detail di blog ini. Mudah-mudahan Gema & Gampa juga enjoy dan happy selama liburan kemarin 🙂

Sepulang dari Bali kami pergi ke Palu untuk merayakan ulang tahun Gema yang ke 50. Once again Happy Birthday Gema!

Setelah ulang tahun Gema, gue masih extend di Palu. Senang bisa pulang Palu lagi, Zoey juga jadi punya banyak teman bermain. Gue pun bisa lebih banyak istirahat dan punya me time, yay!

January Drama
Seminggu sebelum balik ke Jakarta, gue jatuh sakit. Waktu ke dokter katanya radang tenggorokan, mungkin karena kebanyakan makan yang enak-enak, hahaa. Gak enaknya gue harus pakai masker dan gak boleh banyak kontak dengan Zoey, karena penyebabnya virus dan bisa nular ke Zoey. Waaa, sedih banget gak bisa banyak peluk dan cium anak sendiri.

Situasi menjadi heboh saat dua hari kemudian di muka dan leher gue ada bintik-bintik merah. Mateng! Kayaknya DB nih, pikir gue. Gue langsung cek darah sambil mempersiapkan diri untuk skenario terburuk kalau gue beneran DB. Untungnya setelah hasilnya keluar, gue negatif DB dan tifus. Kata dokter kemungkinan itu virus atau bisa juga karena gue alergi antibiotik yang kemarin dikasih pas radang (soalnya bokap gue juga alergi antibiotik yang sama, bisa langsung pingsan dia). Setelah stop konsumsi antibiotik tersebut memang bintik merahnya tidak bertambah dan berangsur hilang.

Beberapa hari kemudian Zoey yang mulai meler, terus batuk. Di siang hari Zoey masih main seperti biasa, hanya waktu malam tidurnya kurang nyenyak karena mulai muntah untuk mengeluarkan dahaknya. Dua hari setelahnya, tepatnya hari Sabtu, badannya panas. Gue mulai was-was, apalagi besoknya kami berencana pulang ke Jakarta.

Selama flight untung Zoey tidak begitu rewel, malah lebih rewel di taxi waktu perjalanan ke apartemen kami. Begitu sampai di apartemen rewel Zoey tidak hilang juga, bahkan beberapa kali dia juga muntah. Wajah dan leher Zoey mulai merah-merah. Karena itu hari Minggu, gue dan Yosua memutuskan untuk membawa Zoey ke dokter esok hari.

Dari subuh di hari Senin Zoey rewel lagi. Yosua sampai minta izin gak ke kantor untuk membantu gue jagain Zoey. Sampai di RS Siloam Semanggi, diagnosa awal dokter mengatakan Zoey kena virus dan seharusnya di hari Kamis sudah sembuh. Kami pun pulang berbekal obat-obatan yang diberikan dan berdoa agar Zoey cepat pulih. Malamnya Zoey cukup tenang walaupun sempat terbangun sekali karena muntah. Gue jadi optimis Zoey akan segera membaik.

Tapi ternyata oh ternyata drama sakit Zoey tidak berhenti di sana. Bintik-bintik merah yang muncul di badan Zoey semakin menjadi. Panas badan nya naik turun. Muntah-muntah pun hampir sepanjang hari karena bagi Zoey itu satu-satunya cara untuk mengeluarkan dahak dari tubuhnya. Hampir setiap hari Zoey dan gue mandi muntah, baru ganti baju muntah lagi. It was pretty tiring. Zoey juga jadi mogok makan, hanya ASI dan sedikit air putih yang menjadi asupan nya. Tiap kali Zoey mau buka mulut, itu jadi kesempatan emas buat gue suapin makanan, hap!

Kami memutuskan konsultasi lagi ke dokter di hari Kamis karena bintik-bintik merah Zoey semakin banyak bahkan sudah sampai di paha dan panas badan nya juga masih naik turun. Benar saja, dokter langsung mengatakan kalau Zoey kena campak. Padahal bulan ini baru saja mau imunisasi campak, eh udah kena duluan.

Dokter mengatakan di hari Senin kemarin bintiknya belum menyerupai campak sehingga diagnosa awal Zoey kena virus. Untuk penanganan nya sendiri, baik virus atau campak hampir sama. Di hari kamis itu panas badan Zoey sampai 39 derajat. Dokter juga mengatakan memang kalau campak panas badan bisa sampai 39 bahkan 40 derajat. Untuk itu anak sering-sering diseka tubuhnya dengan handuk kecil yang sudah dibasahi air hangat, terutama di lipatan-lipatan tubuh karena di situ pembuluh darah besar, sambil diberi obat Tempra 4 jam sekali. Oya, dan memandikan anak saat campak boleh saja (justru itu menjaga agar tidak terjadi penumpukan kuman atau bakteri di kulit sehingga tidak terjadi infeksi sekunder), asal dengan air hangat dan setelahnya boleh diberi lotion agar kulit tetap terjaga kelembapan nya. Panas badan akan normal dengan sendirinya jika bintik-bintik merahnya sudah sampai di telapak kaki atau sudah keluar semua. Dalam kasus Zoey prediksi beliau 2 hari lagi juga harusnya bintiknya sudah ke kaki dan panasnya sudah turun.

Mendengar kata 2 hari lagi membuat gue menjadi lebih tenang. Kalimat sederhana dari dokter itu membuat gue punya pengharapan yang besar.

“Dua hari lagi, ya 2 hari lagi Ndhy, this too shall pass”.

Thank God, dalam waktu satu setengah hari panas badan Zoey sudah mulai normal. Zoey pun merayakan Imlek pertamanya dengan cerita campak.

Saat ini, puji Tuhan Zoey sudah jauh lebih baik. Bintik-bintik merahnya sudah tak lagi nampak, kulitnya yang terkelupas (bintik merahnya membuat kulit Zoey kering dan terkelupas) juga sudah mulus kembali. Tinggal batuknya yang sedikit lagi hilang. Nafsu makan nya sudah mulai kembali dan Zoey pun sudah senang bermain lagi. Dia sudah merangkak, semakin cerewet dan gerakan nya menjadi semakin lincah.

Senang sekali melihat mata kuyu nya bersinar kembali, melihat senyum dan mendengar tawa nya, ah kangen sekali.

Sehat terus ya Nak, mama papa sayang Zoey!

SONY DSC

Stay healthy everyone,
Cheers!

PS: Thank you dear for your care and support, bantuin Indhy jagain Zoey sampai cuci piring dan nge-pel rumah tanpa diminta. I’m so blessed to have you!