,,Yes, You’re Doing Ok,,

Setelah jadi ibu, gue banyak dapat pertanyaan “Ndhy, kemarin melahirkan normal atau caesar?” Dan kalau gue jawab “Normal” langsung dijawab “Hebat!”. Begitu pula kalau ditanya “Zoey masih ASI?” Gue jawab “masih” komentarnya lagi “Hebat!”. Sebenarnya jujur, gue sendiri gak merasa bahwa itu sebuah tolak ukur seorang ibu hebat.

Gue membayangkan perasaan ibu-ibu yang melahirkan lewat C-section atau yang memberikan bayinya susu formula saat mendengar pertanyaan dan komentar tadi. Bisa jadi ada perasaan bersalah, perasaan yang enggak enak, se-enggak enak kalau gue dikomentarin orang “MPASI nya dibuat sendiri donk di rumah, dibuat macam-macam setiap hari!” Atau “Kok badan anaknya kecil ya”. Zzzzz.

Menurut gue, setiap ibu memiliki cara mereka sendiri dalam mengasuh anak. Ada ibu yang melahirkan secara normal, ada yang melalui proses C-section. Ada yang memberikan full ASI, ada yang memberikan susu formula. Ada yang memasak sendiri makanan untuk bayi dan anak-anaknya, ada yang membeli makanan yang sudah jadi. Ada yang mengasuh anaknya sendiri, ada yang memakai jasa nanny. Ada ibu rumah tangga, ada ibu bekerja. Ada yang menjaga kebersihan peralatan dan perlengkapan untuk mengasuh anak secara manual, ada yang mengandalkan mesin untuk melakukannya. Bagi gue, cara apapun yang dilakukan seorang ibu dalam mengasuh anaknya sah-sah saja selama itu tidak membahayakan atau merugikan si anak maupun orang lain.

Tentu ada berbagai rintangan yang akan dihadapi seorang perempuan ketika ia menjadi seorang ibu, dan ada berbagai solusi yang dapat dipilih untuk mengatasi rintangan-rintangan tersebut. Setiap ibu memilih solusi yang mereka anggap paling baik untuk mengatasi rintangan yang mereka hadapi. Percaya deh, setiap ibu yang normal tujuannya pasti sama, yaitu untuk memberikan yang terbaik bagi anak dan keluarga mereka.

Karena anak tidak membutuhkan ibu yang sempurna, mereka cuma butuh ibu yang mencintai mereka dengan sepenuh hati. They don’t need PERFECT. They just need YOU.

So, menyambut hari ibu bulan depan, let’s support mothers everywhere and make mothers feel good about themselves.

Yes, you’re doing ok, moms!

1480380152772

Flash update: Zoey sudah bisa duduk tanpa support (yay!), walaupun harus pake mainan dan kamera biar awet, hahaa.

picsart_11-25-09-27-48-01

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s