,,Welcome Motherhood,,

Hello world, back with me again!

Terakhir kali gue ngepost di sini, gue sedang hamil gede-gede nya dan gak sabar untuk melihat penampakan anak kami. Senang sekali mengatakan kalau puteri pertama kami, Zoey Valerie Kristianto, sudah lahir dengan selamat tanggal 16 April 2016 kemarin di RS MMC dan hari ini Zoey tepat berusia 3 bulan. Menjadi orang tua tentunya merupakan sebuah anugerah dan sukacita yang luar biasa, dan kali ini gue ingin mengabadikan 3 bulan pertama Zoey di sini..

The Delivery
Sebenarnya proses kelahiran gue sedikit banyak sudah ditulis Yosua di sini. Karena persalinan gue dimulai dengan pecah ketuban maka kami memilih tindakan induksi untuk mempercepat kotraksi agar bisa melahirkan normal. Banyak yang bertanya “Ndhy, kalau diinduksi lebih sakit ya?”. Well, ini kehamilan pertama gue dan gue langsung diinduksi, jadi dengan segala hormat gue belum bisa membenarkan bahwa diinduksi lebih sakit dari yang biasa.

Salah satu fakta unik dari proses kelahiran gue adalah Zoey lahir dengan kepala yang agak dongak (kebanyakan bayi lahir dengan kepala nunduk sehingga memudahkan persalinan karena dengan begitu bayi akan keluar dengan diameter kepala paling kecil). Dokter sendiri mengatakan bahwa sebenarnya dengan kondisi demikian gue tidak bisa melahirkan normal. But thanks God, persalinan normal gue bisa berjalan dengan lancar dan tenang.

20160409_114318

Proses CTG sebelum delivery

Banyak yang tanya sakit gak pas melahirkan. Sakitnya sih tentu, tapi gue berusaha me-manage diri dan emosi gue untuk tetap tenang dan fokus, daripada menghabiskan tenaga dengan teriak-teriak atau mengeluh. Tetap tenang dan berdoa.

Untuk para moms to be, apalagi yang mau melahirkan normal kumpulkan kekuatan sebisanya. Saat persalinan semakin dekat, makan selagi bisa makan, tidur dan istirahat selagi masih bisa. Jangan lupa bawa makanan kecil waktu ke Rumah Sakit atau at least bawa madu, karena semakin dekat persalinan biasanya makanan berat sudah gak bisa masuk mulut tapi anda tetap butuh tenaga yang banyak untuk persalinan. Be ready and prepared.

Oya, thank you untuk setiap suster RS MMC yang sudah membantu gue dalam proses melahirkan sampai pulang dari RS. A special thanks untuk dr. Kencana Shinta Moser, dokter yang mendampingi gue sejak awal kehamilan. She’s so nice, caring, and open-minded. I do recommend her!

20160418_093918

Zoey Valerie Kristianto

Breastfeeding Journey
Setelah persalinan, menyusui adalah momen spesial bagi gue. Di hari-hari pertama Zoey, ASI gue belum keluar. Kami yang tidak tega melihat Zoey nangis-nangis, meski setiap bayi punya cadangan makanan sampai sekitar 3 hari, memutuskan untuk memberikan susu formula dulu sambil gue tetap terus mencoba menyusui Zoey. Di saat-saat seperti itu gue me-manage diri gue untuk tetap tenang dan tidak stress karena gue tahu semakin stress maka ASI semakin tidak keluar. Mama gue langsung masakin gue sayur katuk, dan gue terus berusaha menyusui Zoey, terlepas dari ada atau tidaknya ASI yang keluar, karena hisapan Zoey akan merangsang badan gue untuk memproduksi ASI itu sendiri.

Akhirnya mulai hari ketiga ASI gue keluar, lancar dan lebat sampai hari ini. Gue berharap bisa menyusui Zoey dengan ASI saja sampai 6 bulan, dan terus menyusui sambil mulai memberikan makanan pendamping sampai usia nya 2 tahun.

For new moms yang ASI nya belum keluar di hari-hari pertama, jangan stress. Pertanyaan “gimana, ASI nya sudah keluar?” bisa jadi mengintimidasi, tapi tetaplah tenang di saat-saat seperti ini. Jangan menyerah untuk tetap menyusui karena setiap orang punya journey nya masing-masing. Be ready for sore nipple, karena di awal-awal menyusui biasanya kita baru belajar pelekatan yang benar. Tapi tenang saja, semakin hari kita akan semakin tahu posisi yang paling nyaman untuk menyusui bagi kita and the baby :).

Arti Nama Zoey
Pertanyaan yang banyak dilontarkan, selain gimana proses persalinan dan apa rasanya menjadi orang tua baru, yaitu kenapa namanya Zoey? Apa artinya? Biasanya gue hanya akan menjawab singkat, bahwa arti nama Zoey itu “hidup”. Well, actually it’s a long story.

IMG-20160428-WA0005

Dimulai dari gue yang mimpi buruk saat hamil trimester pertama, di mana ada pocong yang mau ngambil anak gue. Pocong nya mendekat ke gue sambil ngomong “Cindhy, kamu gak bakal bisa berdoa”. Believe me, di dalam mimpi itu gue sebenarnya takut setengah mati. Tapi gue pun tahu satu kebenaran kalau gue anak Tuhan yang bisa berdoa. So I speak The Word! Di dalam mimpi itu gue ngomong ke pocong itu “Aku anak Tuhan. Kamu datang untuk mencuri, membunuh dan membinasakan. Tapi Tuhan datang memberikan hidup, dan hidup yang penuh kelimpahan. Karena itu anak kami akan hidup, dan dia akan punya hidup yang berkelimpahan”. Setelah itu pocongnya pergi dan gue terbangun. Waktu gue bangun I felt so victorious, dan di dalam hati gue tahu dengan pasti bahwa Tuhan punya rencana besar untuk anak gue.

Dari sanalah nama Zoey berasal. Kalau googling pasti ketahuan bahwa Zoey artinya “life”. Ya, karena Tuhan sudah memberikan hidup, dan hidup yang penuh dengan kelimpahan, gue berdoa kemanapun Zoey pergi nanti, kemanapun kakinya melangkah, she will speak life and bring life, life abundantly!

Lalu kenapa Valerie? Valerie artinya “strong”. Dalam perjalanan Zoey menemukan destinasinya dalam Tuhan, there will be ups and downs. However, we want her to remember to be strong and courageous. To not be afraid and discouraged, for the Lord her God will be with her wherever she goes :).

Dan kalau masih ada yang tanya kenapa Kristianto? Simple, itu nama bapaknya, hahaa.

Kuning dan Kolik
Di awal kehidupan Zoey, dia memang sedikit kuning. Hal ini disebabkan karena golongan darah Zoey sama seperti Yosua (B+), berbeda dengan gue yang O. Karena itu kami harus sering-sering jemur Zoey di matahari pagi (sebelum jam 9). Thanks God kuning Zoey tidak bertahan lama. Dalam beberapa hari saja kuningnya menghilang.

Drama yang lebih heboh dari itu adalah Zoey sempat mengalami kolik atau kejang perut. Zoey bisa menangis 3-4 jam gak berenti-berenti. Tentunya hal ini membuat kami panik. Pertama kali ke dokter, katanya “oiya gak apa-apa, memang biasa anak-anak kolik”. Karena tangisan Zoey yang gak berenti-berenti juga, maka beberapa hari kemudian kami ke dokter lain lagi untuk dapat second opinion. Di sana dikatakan memang sekarang 1 dari 2 anak dapat mengalami kolik, dan gue disarankan untuk diet. Jadi gue hanya bisa makan daging sapi dan kambing, karena mereka makan rumput sedangkan hewan lainnya makan dedak. Ayam kampung pun disarankan ayam kampung organik. Setelah 2 minggu diet seperti itu, cukup terlihat perubahannya walaupun tidak hilang sama sekali.

Ya, sampai saat ini memang kolik tidak ada obatnya. Itu akan sembuh sendiri dengan berjalannya waktu. Yang bisa kita lakukan yaitu membantu meringankannya, seperti menenangkan bayi kita atau menjalankan diet seperti yang gue bilang di atas.

Tumbuh Kembang Zoey
Melihat tumbuh kembang Zoey setiap hari tentu sangat menggembirakan. Mulai dari Zoey yang mencoba mengangkat-angkat kepalanya, matanya yang semakin hari semakin fokus, dan melihat senyum sosial pertama Zoey. Well, it captured my heart instantly!

20160531_071648

First social smile 🙂

Sekarang Zoey sedang senang mengamati tangan dan jarinya sendiri, seperti amazed dengan potensi tangannya. Dia sedang senang mencoba meraih sesuatu, mencoba membalikan badannya, dan mengeluarkan suara-suara dari mulutnya.

20160709_144921

Yap, menjadi orang tua memang merupakan sebuah anugerah dan berkat yang luar biasa. Melihat pertumbuhan Zoey yang semakin mekar dan perlahan jejak-jejak bayinya semakin menghilang. Gue tahu akan lebih banyak momen-momen membahagiakan dalam tumbuh kembang Zoey ke depan. Dan gue mau menikmati momen-momen tersebut, gue mau menikmatinya pelan-pelan :).

20160709_144933

Mama and Papa love you Zee!

7 thoughts on “,,Welcome Motherhood,,

  1. Xixixi….akhirnya tulisan mama keluar juga zoey ☺
    Sehat – sehat dan makin pintar ya zoey sayang 😙, buat adikku sayang 2 thumbs for you, perubahan yang sangat signifikan. Heheheh. Tetap jaga kesehatan ya sayang.
    Bude merindukanmu zoey…

  2. So happy to see Zoey grows healthily and beautifully ♡♡♡ Sesuai namanya juga yaa hhi. Going to follow your update ka ndhy apalagi udah ga bisa visit lgs setelah agustus yaa 😁 hope everything going abundantly great and happy! 😍😙

  3. Pingback: ,,This Too Shall Pass,, | Cindhy Madden's Blog

Leave a Reply

