,,Pregnancy Post: My First Trimester,,

Hello everyone!

Akhirnya ini adalah post pertama gue di tahun 2016 dan post pertama tentang kehamilan pertama gue. Ya gue tahu, gue masih punya utang tentang trip ke Paris kemarin, tapi tenang saja utang itu akan gue bayar kok, hehee.

Setelah tahu gue hamil, lumayan banyak yang tanya soal pengalaman gue. Ngidam apa, mual-mual atau gak, dan apa saja yang gue rasakan selama 3 bulan pertama kehamilan. So, menurut gue gak ada salahnya kalau gue membuat postingan tentang perjalanan kehamilan gue ini. Selain gue nanti bisa bernolstagia kembali, anak gue pun nanti bisa baca saat dia udah gede 🙂

1. Mual
Banyak orang yang mengatakan ini ke gue “wah, Cindhy hamilnya kayaknya enak ya, enteng. Masih aktif kemana-mana, kemarin ke Paris lagi. Kayak gak hamil aja.” Well, gue sebenarnya senang kalau ada orang yang ngomong begini. Faktanya frekuensi mual gue di trimester pertama bisa dibilang cukup tinggi, bahkan gue sering sampai jackpot 6-7 kali sehari. Kalau sudah begini rasanya kaki gak mau beranjak dari kamar mandi, pengen duduk meluk toilet aja karena dikit-dikit jackpot. Gue sampe doa “Tuhan, sekiranya rasa mual dan muntah-muntah ini lalu dari padaku.” Berbagai cara gue lakukan untuk mengurangi rasa mual, tapi akhirnya gue sadar bukan kehendak gue yang terjadi. So yang gue lakukan adalah embrace all the process and make the best out of it.

Selama gue mengalami proses ini gue selalu minum air hangat yang banyak supaya badan gue gak kekurangan cairan, kalau setelah makan gue muntah ya gue akan makan lagi (untungnya gue gak rewel tentang makanan, semuanya masuk). Gue selalu sedia plastik-plastik kecil di dalam tas buat jaga-jaga. Jadi dimanapun dan kapanpun gue siap sedia.

Support dari keluarga terutama Yosua juga sangat berarti. Oya, biasanya ada hari dimana sampai jam 11 siang gue belum muntah, dan di saat itu Yosua biasanya ngomong “kok indhy belum muntah sih, ayo dong muntah, kalau muntah berarti anak kita sehat.” Kalau sudah begitu rasanya pengen nabok suami sendiri, but I just can’t, because I love you too much and understand you well, ha! Yang pasti setiap perhatian dan siap siaga-nya Yosua, walaupun kadang ngeselin, membuat gue melewati proses ini dengan lebih bahagia 🙂

2. Ngidam
Gue yakin setiap ibu hamil merasa bahwa ngidam itu wajar, yang gak merasa wajar itu ya kadang suaminya, hahaa. Untungnya ngidam gue gak aneh-aneh. Biasanya gue ngidam martabak, ayam kalasan, nasi padang, dan oh ya gue pernah ngidam tempe balado buatan nyokap gue. Gue telpon nyokap gue (yang berdomisili di Palu) dan ngomong pengen banget makan tempe balado nyokap itu. Alhasil beliau langsung beli tempe dan besoknya langsung kirim paket tempe balado plus makanan lainnya ke Jakarta. Hal ini tentu saja membuat gue senang tak terkira 😀

Oya, percaya gak percaya Yosua pun mengalami ngidam, bahkan lebih parah dari gue. Kenapa lebih parah, karena ngidamnya lebih mahal dan sering. Kalau gue ngidam ayam kalasan, Yosua ngidam bebek bengil atau crispy duck. Kalau gue cukup pengen tempe balado, Yosua pengennya makanan Perancis. Pernah dia sampe bete seharian karena St.Germain di GI tutup padahal dia lagi pengen banget makan di situ, hahaa.

3. Baju yang tak lagi muat
Kira-kira masuk minggu ke-12, gue mulai begah kalau pakai celana yang biasa gue pakai. Jadi gue mulai mengganti celana-celana gue dengan legging dan celana hamil yang dibeliin sepupu gue (karena gue rasa belum saatnya belanja baju hamil). Dress-dress juga sudah mulai berkurang yang bisa dipakai, terlebih yang menggunakan restleting di belakangnya. Yang bingung itu kalau ada undangan nikahan, waktu untuk siap-siap jadi lebih lama karena nyobain satu-satu yang mana dress yang masih muat.

4. Flu
Gue sempat terkena flu berat di trimester pertama. Rasanya benar-benar gak enak. Gue termasuk orang yang gak mau minum obat apa pun itu saat hamil, jadi waktu terkena flu itu gue tahan-tahanin. Gue perbanyak istirahat, makan makanan yang hangat-hangat sebangsa sop ayam, dan minum honey lemon shot.

Well, sepertinya itu dulu yang bisa gue tulis kali ini. Gue yakin pengalaman setiap ibu berbeda-beda, dan pasti setiap pengalaman itu punya kesan dan keseruannya sendiri. Bagi gue sendiri masa-masa kehamilan itu gak selamanya mudah dan nyaman, tapi yang pasti semakin hari semakin bertambah indahnya!

See you in the next post!

Pregnancy: Week 10

Pregnancy: Week 10

3 thoughts on “,,Pregnancy Post: My First Trimester,,

  1. Hahahha….tetap semangat ya sayang…semua itu pasti akan kita kangenin. Doakan akyu untuk segera mengalaminya untuk yang kedua kalinya.hehhehe

  2. Pingback: ,,Pregnancy Post: Several Updates & Baby Shower,, | Cindhy Madden's Blog

Leave a Reply

