,,[What We Talk About Wedding] Catatan Wedding,,

Dalam mempersiapkan sebuah wedding, banyak hal yang bisa terjadi. Jika di post ini gue berbicara tentang pemilihan vendor, lain halnya dengan kali ini. Ini adalah catatan pengalaman gue yang semoga membantu anda sekalian yang ingin atau bahkan sedang mempersiapkan wedding juga dan sekaligus sebagai sebuah token of reminder buat gue pribadi.

1. Selalu siap dengan perubahan
Ya, gue paham bahwa kita, manusia, pada dasarnya tidak menyukai perubahan. Kita ingin segala sesuatu berjalan dengan semestinya dan terencana. Bukan begitu? Dan meskipun kita mengatakan bahwa kita tipe yang menyukai kejutan, believe me, when you are preparing for your wedding, you want all things go as planned. However, gue belajar untuk ada baiknya selalu siap dengan yang namanya perubahan. Contohnya dalam kasus gue, person in charge dari dua vendor gue diganti. Alasannya, former person in charge gue resign. Kejadian yang pertama terjadi beberapa bulan sebelum hari H, dan kejadian kedua terjadi beberapa minggu sebelum hari H. Walaupun kemungkinan former PIC sudah memberikan detail-detail kerjaan mereka ke orang yang baru, tetap saja kita akan memastikan bahwa orang yang baru ini benar-benar mengerti konsep yang kita inginkan itu sepeti apa. So, be ready! Hal-hal seperti ini kemungkinan besar terjadi, dan menjadi orang yang selalu siap dengan perubahan akan sangat mengurangi stress menjelang hari H.

2. Buat budget se-detail mungkin
Saat pertama kali gue dan pasangan membuat budget pernikahan, hal-hal yang menjadi daftar kami seperti catering, gedung, dekorasi, bridal, foto, entertainment, undangan, dan souvenir. Ya, cukup sampai di sana. Kami tidak menyangka bahwa ada hal-hal lain yang ternyata juga butuh perhatian. Hal-hal kecil yang ternyata jika dijumlahkan dapat membuat budget awal kita naik berkali-kali lipat. Sebaiknya juga memasukkan hal-hal seperti hotel dan tiket pesawat keluarga, cincin nikah, detail-detail seperti charge lain-lain dari vendor, deposit yang menjadi mandatory oleh beberapa vendor, biaya mengirim undangan via pos, sampai hal-hal seperti budget untuk membeli sepatu pengantin (ya, karena harga sepatu juga lumayan sob!).

3. Akan banyak orang baik bermunculan
Tepat sekali, semakin mendekati hari H semakin banyak orang baik yang bermunculan di sekeliling anda dan pasangan. Orang-orang baik ini bermunculan dari berbagai kalangan. Dari yang hubungannya jauh dari anda, contoh kasus gue, semakin menjelang hari H, masih banyak saja vendor-vendor (selain yang gue pakai) yang menelpon dan menawari produk atau jasa mereka, bahkan ada beberapa vendor catering dan dekor yang telepon, gue sampai heran ini vendor-vendor yang telpon apa gak mikir hari H gue bentar lagi masa iya gue belum dapat catering. Ya, mungkin begitulah fenomena orang baik, saat sudah mepet baru banyak bermunculan. Tapi tidak hanya dari orang-orang yang jauh, orang-orang baik tersebut juga akan muncul dari orang-orang terdekat anda. Akan makin banyak saran, pendapat yang akan disampaikan orang-orang terdekat, bahkan ada yang rela menjadi seksi sibuk tanpa diminta, hehee.

Situasi seperti ini tentu ada plus minusnya. Bagi calon pengantin yang malas mikir hal ini sangat membantu. Tidak perlu keluar tenaga untuk memikirkan ini-itu, tapi sudah bisa langsung dapat ide. Bagi calon pengantin yang plin plan, hal ini bisa jadi membingungkan. Yang satu ngomong ini diikuti, yang lain ngomong itu diikuti juga. Hasilnya bisa jadi calon pengantin tersebut saling timpuk. Bagi calon pengantin yang rajin mikir dan sudah punya visi yang jelas, ini semacam latihan kesabaran. Di mana setiap “orang-orang baik” itu datang, akan didengarkan dengan seksama lalu merespon “wah, terima kasih atas sarannya ya” tetapi tetap pada kesepakatan yang sudah dibuat. Yang paling penting adalah ketahui dengan pasti keinginan anda dan pasangan, rumuskan dan pelihara kesepakatan tersebut.

At the end menjaga komunikasi dan keterbukaan adalah hal yang penting. Hadapi setiap tantangan dan responlah segala sesuatunya dengan bijak. Be ready and happy!

Cheers,
you complete me

Leave a Reply

