,,a post from entre expo,,

Hari ini hari yang cukup berkesan bagi gue. Gue mengunjungi salah satu event di Grand Indonesia, nama event nya Entre Expo 2014. Sebuah event entrepreneurship dari kampus gue tercinta, President University. Di mana mahasiswa-mahasiswa yang punya bakat entrepreneur diberikan sebuah wadah untuk mereka saling berkompetisi dengan entrepreneur-entrepreneur lainnya yang notabene nya sudah punya nama di industri mereka masing-masing.

Hampir nangis haru waktu inget beberapa tahun yang lalu, tepatnya tahun 2011, saat gue ditawari menjadi project manager pertama dari event Entre Expo PresUniv ini. Saat itu gue belum punya bayangan akan jadi seperti apa event ini, karena belum pernah ada contoh event yang sama sebelumnya yang diadakan kampus gue. Ya, kita semua setuju bahwa melakukan sesuatu yang sudah pernah dilakukan sebelumnya tentu lebih mudah daripada melahirkan sesuatu dari awal. Berbekal sebuah visi, gue pun mulai membentuk tim (yang gue akui sangat solid), membagi visi yang sama lalu kami semua berusaha untuk mewujudkan visi tersebut.

Namanya juga event pertama, tidak heran banyak sekali tantangan yang kami hadapi saat itu. Banyak yang tidak percaya, tidak sedikit pula yang meremehkan. Kata-kata pedas hampir setiap hari muncul di email bahkan BBM pribadi gue. Seakan-akan gue dan tim melakukan sebuah tindakan kriminal yang tidak terampuni. Belum lagi masalah financial yang belum terselesaikan. Tiga dari lima orang divisi sponsorship gue mengundurkan diri karena merasa gak kuat mencari dana sebanyak yang kami butuhkan saat itu.

Satu hal yang gue syukuri, bahwa kami tidak give up saat itu. Apapun yang terjadi, tidak ada kata mundur. By the grace of God, event itu akhirnya berjalan dengan sukses, dana pun melimpah, hal itu menjadi bayaran yang besar bagi kami semua.

Dan hari ini, waktu gue melihat bahwa Entre Expo angkatan tahun 2014 ini bisa diadakan di salah satu mall bergengsi di Jakarta, I’m genuinely happy. Dari kota jababeka yang letaknya 27km dari pusat Jakarta, sampai benar-benar ada di Jakarta. Sebuah pengembangan yang signifikan. Sesuatu yang bahkan tidak sempat gue pikirkan dulu. Ya, we never know.

Dari sini gue belajar hal yang sederhana, bahwa warisan itu diciptakan. Itu bukan sesuatu yang memang sudah ada. Itu sesuatu yang kita buat, lalu diberikan untuk dikembangakan terus menerus. Apapun yang kita lakukan sekarang, gue berharap kita semua sedang menciptakan sebuah warisan. Cause we all will die, soon or later. The goal isn’t to live forever, the goal is to create something that will…

Entre Expo 2011 logo by Sanelita

Entre Expo 2011 logo by Sanelita

PS: Terima kasih yang sebesar-besarnya untuk setiap tim entre expo 2011, thank you for giving your excellent at all cost and not giving up. You guys create a legacy 🙂

Leave a Reply

