,,[What We Talk about Wedding] wedding venue,,

karena setiap pasang kaki membawa cita
dan setiap pasang hati mengukir cinta…

Our wedding is soon to come. Beberapa minggu belakangan diisi dengan pencarian vendor-vendor untuk wedding kami nanti. Gue ingin mendokumentasikan pencarian kami, karena gue sadar ini akan membantu banyak orang yang juga sedang mencari-cari vendor untuk acara pernikahan mereka. Banyak orang membuat blog baru yang isinya tentang persiapan wedding mereka. Berhubung gue udah ngeblog, jadi sekalian saja gue tulis di sini, lumayan buat nambah-nambah rating dan hits blog gue, hehee. So, mari melangkahkan kaki menyusuri gedung-gedung di Jakarta.

Beberapa gedung pernikahan di Jakarta melayani paket lengkap. Maksudnya tidak hanya sewa gedung saja, tetapi mereka menyediakan paket yang sudah termasuk catering, dekorasi, bridal, bahkan ada yang sampai entertainment. Kelebihannya, para bride and groom to be tidak perlu repot-repot lagi memikirkan untuk mencari vendor ke sana ke mari karena semuanya sudah ada. Kekurangannya, biasanya paket yang disediakan adalah standar (maksudnya catering, dekorasi, dan bridalnya standar) dan pilihan vendornya terbatas. Jika kita ingin upgrade item-item pada vendor yang inginkan, biasanya jatuh harganya hampir sama dengan jika kita mengambil vendor-vendor lepasan. However, it’s all depend on your preferences and taste.

****************************************

GEDUNG PERNIKAHAN DENGAN PAKET LENGKAP

1. Graha Mandiri

Graha Mandiri

Graha Mandiri

Gedung ini terletak di jalan Thamrin, tepatnya di belakang Hotel Mandarin Oriental. Fasilitasnya sudah full karpet dan lampu kristalnya bagus, sudah disediakan juga ruangan untuk rias pengantin yang cukup bersih. Sayangnya, ruangannya tergolong kecil untuk dijadikan tempat resepsi pernikahan, ruangannya mungkin hanya muat untuk 300 orang (menu pondokan di luar ruang utamanya sehingga kemungkinan tamu akan menyebar) dan ruang makan untuk VIP nya menurut gue tidak memadai. Untuk paket lengkap Internasionalnya tahun 2015 mulai di 88juta rupiah dan sudah termasuk WO.

2. Palma One

Palma One

Palma One

Gedung ini terletak di jalan Rasuna Said, Kuningan. Gedung ini pernah dipakai untuk resepsi Anung ‘Hitam Putih’. Fasilitasnya juga sudah full karpet, ceilingnya dan lampunya bagus walaupun tidak terlalu tinggi. Ruang rias dan ruang tunggu keluarga kurang bagus tetapi cukup fungsional. Kekurangannya menurut gue adalah untuk mencapai tempat resepsinya kita harus melewati lorong-lorong kantor, sehingga kesan untuk resepsi pernikahan kurang, ditambah ada tangga yang cukup tinggi untuk ke Ballroomnya namun tidak disediakan fasilitas khusus untuk para orang tua yang sudah tidak mampu berjalan. Ruangannya juga tidak terlalu besar dan menggunakan standing AC, jadi di dalam ruangan ada beberapa AC yang berdiri di pojok-pojok ruangan dan menurut gue itu pemandangan yang kurang rapi. Untuk paket Internasionalnya tahun 2015 mulai di 83juta rupiah.

3. SME Tower

SME Tower

SME Tower

Ballroomnya cukup besar dan full karpet. Enaknya harga paket sudah termasuk WO untuk resepsi. Vendor rekanan paket cukup memuaskan dan terlihat profesional. Sudah disediakan 3 buah ruang rias yang cukup colorful. Yang menjadi kendala adalah lokasinya terletak di daerah macet, dan untuk menuju Ballroomnya harus melewati pameran di lantai 1. Untuk paket Internasional tahun 2015 mulai di 120juta rupiah.

GEDUNG PERNIKAHAN SAJA

1. Patra Jasa

Patra Jasa

Patra Jasa

Yang paling menarik dari gedung ini adalah ceiling dan lampu kristalnya yang membuat ruangannya terlihat mewah. Jendela-jendela nya yang tinggi dan nuansa merah dan gold semakin menambah kesan mahal ruangan ini. Ruangannya cukup besar, sudah menggunakan karpet meskipun tidak bisa dibilang full karpet juga, dan mempunyai beberapa ruang rias. Kapasitas listrik yang didapatkan sebesar 5,000 watt. Yang menjadi minus poin adalah lokasi gedung ini yang terletak di daerah macet, dan untuk mencapai ballroomnya kita juga harus melewati area perkantoran. Untuk sewa gedungnya saja di tahun 2015 harganya 24 juta rupiah.

2. Granadi

Granadi

Granadi

Gedung ini memiliki lokasi yang cukup strategis dan tidak macet saat weekend, yaitu di jalan Rasuna Said, Kuningan. Gedungnya cukup besar dan lampu kristalnya bagus. Ballroomnya sudah full karpet dan memiliki sisi outdoor di kanan kiri yang juga bisa dipakai. Sisi atas ruangan yang seperti theater juga dapat digunakan untuk para tamu. Dibandingkan dengan ruang rias dari gedung lain, ruang rias dari granadi adalah yang terbaik menurut gue. Ruangannya cukup besar, rapi, dan disediakan changing room juga di dalamnya. Untuk mencapai Ballroom tidak perlu naik lift/eskalator dan melewati perkantoran, cukup naik beberapa anak tangga (bagi orang tua yang sudah tidak kuat jalan, disediakan lift khusus dalam hal ini). Gedung ini bisa dibilang salah satu gedung eksklusif di daerah Jakarta sehingga hampir setiap catering mengenakan charge khusus yang lebih tinggi dari biasanya untuk gedung ini. Dengan kapasitas listrik 10,000 watt, untuk sewa gedungnya saja di tahun 2015 harganya 25juta rupiah.

****************************************

Actually, kami juga melihat beberapa hotel untuk weding package dan melakukan survey, seperti Bidakara, Lumire, JS Luwansa, Millenium Hotel, Kartika Chandra, Grand Hyatt, dan Shangri-La. Tapi sepertinya review tentang gedung akan lebih banyak membantu untuk para bride and groom to be dari semua kalangan. Untuk pemilihan gedung sendiri tergantung concern utama dari masing-masing pasangan, lokasi dan fasilitas ruangan bisa menjadi hal yang paling banyak dipertimbangkan.

Satu catatan penting untuk para bride and groom to be adalah waktu pemesanan gedung. Banyak kali yang membuat calon pasangan kesulitan, yang kami juga alami, adalah pemesanan gedung pada tanggal yang diinginkan tidak dapat diwujudkan (kecuali tanggal yang diinginkan jatuh pada hari biasa yaitu senin-jumat), karena tanggal tersebut sudah dibooked oleh orang lain. Biasanya bride and groom to be harus bisa bersabar untuk menggeser beberapa minggu (bahkan bisa bulan) maju/mundur dari tanggal yang mereka inginkan. Dengan kata lain, ya memang merencanakan sebuah pernikahan tidak bisa dadakan, semuanya perlu perencanaan yang matang.

Well, demikian hasil observasi dari kami. Semoga bisa membantu para bride and groom to be untuk menentukan dan memantapkan pilihan venue nya. I wish you all success, ganbate!!!

Wedding Venue

Advertisements

9 thoughts on “,,[What We Talk about Wedding] wedding venue,,

  1. Pingback: ,,[What We Talk about Wedding] wedding catering,, | Cindhy Madden's Blog

  2. Kak, kalau foto yang paling akhir itu venuenya apa ya? saya merencanakan konsep wedding yang seperti itu, dengan meja bundar penuh hiasan bunga diatasnya..sepertinya venuenya menarik.. apa itu dijakarta? Terimakasih 🙂

    • Oh, kalau foto yang terakhir itu bukan di Jakarta Farizki. Jika kamu ingin tema seperti itu di Jakarta coba cek Chakra venue wedding hall di BSD atau La Seine di gedung Cyber kuningan. Semoga membantu 🙂

  3. Hai.. calon penganten yang lagi browsing venue..

    Kita mau nawarin over DP 4,9juta (uang pendaftaran + 50%) di Mesjid Pondok Indah untuk tanggal 30 Agustus 2015 (pagi-siang) include akad nikah di mesjid/pelaminan.

    Fasilitas yang didapat,
    1. Akad Nikah
    . – Sound system (4 microfon)
    – Karpet
    – Meja Akad + 6 buah kursi + taplak meja
    – Kursi futura 10 buah + cover dan pita

    2. Resepsi
    – Ruang resepsi full AC (8 buah @ 30 pk)
    – Sound system
    – Kursi resepsi 200 buah
    – Ruang rias 4 kamar (ber-AC)
    – Karpet jalan (warna merah)
    – Tenda standar warna putih
    – Free 5 tiket VIP parkir
    – Izin acara ke kepolisian
    – Koordinator piket
    – Operator sound dan genset
    – Security
    – Tenaga kebersihan
    – CCTV
    – UPS

    Lokasi sangat strategis (dijamin tidak macet karena hari minggu pagi-siang) parkiran luas, aman, dan nyaman.

    Alasan kita over DP karena harus memajukan jadwal pernikahan sehingga harus pindah gedung.

    Kalau berminat langsung hubungi aja yaa..
    aristia (081217024830)

    Terima kasih..

  4. Hai numpang share yaaa.

    saya mau over dp paket wedding dengan HIS SMESCO, di gedung Convention Hall Smesco (Jalan Gatot Subroto),
    Saya rencana cancel karena dari pihak ortu yang di jawa rencana mau diundur dan kemungkinan bakal ngadain di jawa.
    jadinya saya mau jual paket yang sudah kami DP ini.

    Untuk acara April 2016, masih bisa ganti tanggal. Paketan rekanannya yg terkenal semua dan bagus, detail hubungi saya

    Sudah DP : 85.000.000
    JUAL DPNYA : 67.000.000 SAJA!!
    Harga Seluruh Paket : 224.800.000 sudah semuanya (dekor, catering, busana, entertainment music, photography, wo, wedding car) KOMPLIT.

    Kalau berminat dan untuk detail rinciannya bisa hubungi DIDI 085280046033 / ANI 08151808008.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s