,,kenapa gw menulis,,

Postingan kali ini gw buat karena dari tadi gw mencoba menggali alasan kenapa gw menulis. Gw penasaran, apakah menulis hanya sebuah aktivitas yang gw lakukan saat gw lagi gak ada kerjaan, atau menulis adalah salah satu kesenangan gw saja, atau gw punya alasan lainnya.

Gw mulai suka menulis sejak SMA. Masa-masa di mana gw mulai belajar tentang persahabatan, juga cinta. Tulisan gw ada yang berisi curahan hati tentang manisnya hari, namun ada juga yang berisi resah dan gelisah seorang anak SMA yang baru menjajal dunia nyata. Sampai hari ini gw masih suka menulis.

Why?

Menulis, buat gw, gak hanya menjadi sebuah wadah untuk sekedar menuangkan pikiran dan mengekspresikan perasaan. Menulis, membentuk gw terbiasa untuk mencipta. Menulis membentuk gw menjadi seorang pembuat, bukan sekedar penikmat. Gw akui, sejak gw menulis untuk pertama kalinya, tidak sedikit tulisan gw yang gagal dengan sukses, menuai banyak kritikan, lalu benar-benar sukses. Menulis juga membiasakan gw untuk memahami dan mempelajari tulisan (produksi) orang lain, melakukan perbandingan, kemudian melakukan pengembangan terhadap produksi gw sendiri. In short, terus menulis, terus memproduksi.

Yang kedua, dengan menulis gw turut mengambil bagian untuk menjadikan bangsa Indonesia lebih baik. Karena selama ada yang menulis, maka ada yang membaca. Selama masih ada yang membaca, maka masih ada yang belajar. Selama bangsa Indonesia masih ada yang belajar, maka masih ada harapan akan kemajuan. Ya, tulisan gw memang belum membahas tentang teori-teori ilmuwan yang berat atau pandangan-pandangan politik tertentu, tapi gw percaya selama ada saling berbagi informasi, di situ terjadi proses edukasi.

Lewat tulisan, orang bisa tergerak, termotivasi, terilhami, atau tercerahkan. Jika kita sering membaca, maka kita pasti tahu bahwa tulisan memegang peranan penting dalam mengubah arah sejarah Indonesia, bahkan dunia.

Sebuah perubahan bisa dimulai dengan sebuah tulisan.

Gw masih ingin menulis.

Gw akan terus menulis.

Bagaimana dengan anda?

nulis

Leave a Reply

